Silaturahmi Warga Tanjungrejo se Jabodetabek

Silaturahmi Warga Tanjungrejo se Jabodetabek

Silaturahmi Warga Tanjungrejo se Jabodetabek

(Jalaran Rumaketing Paseduluran Anggayuh Aruming Katresnan)

Setiap kisah kebersamaan dimasa kecil adalah kisah yang membuatmu tersenyum saat kamu mengingatnya di hari tua. Cerita suka dan duka di masa kecil 40 tahun yang lalu bisa diceritakan kembali pada saat acara Silaturahmi Warga Tanjungrejo se Jabodetabek, di Bekasi di rumah sesepuh kita Bapak Suharto pada tanggal 26 Januari 2020.

Kampung kelahiran kita tempat bermain dan bertemu tetapi faktor mengadu nasib (menuntut ilmu, mancari nafkah) membuat kita berpisah. Namun paseduluran yang membuat hati kita, cinta kita dan kenangan masa kecil kita selalu indah.

ROSO TRESNO PESEDULURAN IKU KADANG KOYO KRIPIK TELO, ISO AJUR YEN ORA NGATI-ATI LEH NGGOWO. WONG GOLEK SEDULUR KUDU NGERTI CARANE MBANGUN PASEDULURAN (parmanto_red).

Silaturahmi Warga Tanjungrejo se Jabodetabek baru saja dilaksanakan di Jl. Katelia No 24 Bekasi. Perkenankan saya atas nama peserta yang hadir, mengucapkan rasa terima kasih kepada keluarga besar Bapak Suharto yang telah memfasilitasi acara silaturahmi ini, menyediakan akomodasi dan konsumsi buat kami semua.

Tidak lupa juga, terima kasih kepada semua pihak atas sumbangsih berupa tenaga, pikiran dan segala ubo rampe-nya sehingga acara silaturahmi ini bisa sukses sesuai rencana dan Allah mencatatnya sebagai amal ibadah.

Barang kali artikel ini tidak memiliki arti apa-apa. Tapi paling tidak bisa menjadi pengingat bahwa di bulan Januari 2020. Ada moment yang belum pernah ada, yaitu pertemuan Persatuan Lintas Generasi Menuju Inovasi Silaturahmi Keluarga Besar Tanjungrejo se Jabodetabek.

Peseduluran adalah kado paling indah di dunia ini. Acara yang baru saja dilaksanakan di rumah Bapak Suharto adalah ujud paseduluran yang sebenarnya agar adat dan budaya silaturahmi tetap melekat dan terjaga. Seperti kita bernafas, kapan dan dimanapun kita butuh udara. Itulah makna silaturahmi yang sebenarnya.

Foto dibawah ini mengingatkan kita semua. Ya semua warga Kelahiran Tanjungrejo dimanapun saat ini berdomisili. Semasa kecil kita semua tinggal disini, bermain bareng disini, suka dan duka disini. Ya inilah kampung kita dulu.

Silaturahmi Warga Tanjungrejo se Jabodetabek

Silaturahmi Warga Tanjungrejo Dan Program Kerja.

Wajah dan umur sudah berubah apa lagi status. Pertanyaan sudah punya menantu dan memiliki cucu, kerja dimana dan sudah menjadi apa adalah menjadi konten obrolan di acara silaturahmi dengan konsep membangun Paseduluran Sak Lawase.

“Paseduluran itu indah pada saat dijalani dan indah saat kenangan selalu di ingat. Hidup tidak selalu indah tetapi sesuatu yang indah tetap akan menjadi kenangan”

Rasa senang dan terharu  campur aduk di suasana pertemuan lintas generasi di acara silaturahmi ini. Paseduluran bukanlah siapa yang kita kenal paling lama tetapi siapa yang datang di kehidupan kita. Wajah ceria  dan terharu bisa terpancar seperti diabadikan foto dibawah ini. 

Silaturahmi Warga Tanjungrejo se Jabodetabek

Acara Silaturahmi

Acara ini sebagai permulaan, sehingga tidak banyak yang dibicarakan. Susunan acaranya sebagai berikut :

  1. Pembukaan.
  2. Sambutan dari Bapak Suharto sebagai tuan rumah dan sekaligus penggagas acara silaturahmi ini.
  3. Perwakilan perserta yang hadir untuk menyampaikan ide dan gagasan.
  4. Persentasi Digital Marketing dan Bisnis Online.
  5. Ramah tamah/makan siang dan acara bebas (karaokean).
  6. Penutup.

Selain acara silaturahmi, di forum ini juga banyak usulan (ide) program Back To Kampung yaitu membangun kampung Tanjungrejo dengan program ekonomi kerakyatan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dan pemberdayaan sumber daya manusia agar Dukuh Tanjungrejo bermartabat.  

Yang luar biasa, ide untuk membangun kampung di respon positif oleh seluruh Warga Kelahiran Tanjungrejo yang ada di group WhatsApp Tanjungrejo Kelahiranku. 

Digital Marketing Dan Bisnis Online.

Tidak ketinggalan di acara ini warga yang hadir di perkenalkan ilmu bisnis yang saat ini sedang booming yaitu Digital Marketing. Ilmu bisnis yang berbasis internet ini bisa digunakan sebagai media promosi bagi yang sudah memiliki bisnis tapi mengalami kesulitan untuk penjualannya.

Bisnis melalui Sosial Media seperti Facebook, Instagram, Instant Messengger, Google hasilnya sangat efektif dan biaya murah. Untuk Belajar Bisnis Online, next akan dibahas selanjutnya.

AD/ART Silaturahmi Keluarga Besar Kelahiran Tanjungrejo.

Atas dasar respon dan berbagai usulan untuk kelanjutan acara silaturahmi ini, sebagai bahan acuan yang bisa diamendir, maka acara silaturahmi ini diberi nama Paguyuban Nyambung Dulur Tanjung yang disingkat PANYADUTA.

Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) PANYADUTA yang digagas oleh sesepuh Bapak Suharto ini masih bersifat sementara dan untuk rambu-rambu yang harus diikuti jika PANYADUTA ini ingin melakukan kegiatan kemasyarakatan dan kegiatan lainnya.

I. Anggaran Dasar.

  1. Keluarga besar kelahiran Tanjungrejo di mana pun berdomisili membentuk paguyuban silaturahmi, yg bernama Paguyuban Nyambung Dulur Tanjung, disingkat PANYADUTA
  2. Berkedudukan di kota Bekasi.
  3. Berazaskan kekeluargaan, tidak berafiliasi dengan politik, ras, suku, golongan dan aliran tertentu.
  4. Bertujuan membangun kebersamaan, mempererat silaturahmi keluarga lintas generasi untuk meraih kesuksesan bersama.
  5. Beranggotakan semua warga yang berkelahiran Tanjungrejo dimanapun berdomisili.
  6. Untuk melaksanakan kegiatan, panguyuban harus memiliki pengurus yang terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara dan dapat dilengkapi dengan seksi-seksi sesuai kebutuhan. Pengurus memiliki masa bakti dua tahun, dipilih secara musyawarah serta mempunyai hak dan kewajiban yang sama dengan anggota paguyuban.
  7. Pendukung kegiatan yang berupa dana, bersumber dari kebersamaan dan keikhlasan anggota, donatur dan atau sumber lain yang jelas serta tidak mengikat.
  8. Peguyuban memiliki Group WhatsApp bernama Tanjungrejo Kelahiranku.
  9. Anggaran Dasar (AD) ini bersifat flaksibel baik mekanisme kerja maupun perbaikannya.

II. Anggaran Rumah Tangga (ART).

  1. Pemilihan pengurus, sebagaimana tersebut dalam Anggaran Dasar, bahwa mekanisme pemilihan pengurus, berdasarkan musyawarah mufakat.
  2. Mekanisme penetapan keanggotaan otomatis dan suka rela.
  3. Base camp di Jl. Katelia No 24 Jatibening I Pondok Gede Bekasi.
  4. Pertemuan paguyuban minimal setahun sekali, sedangkan petermuan akbar dilaksanakan di kampung kelahiran Tanjungrejo dua tahun sekali bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri.
  5. Undangan pertemuan melalui WhatsApp oleh karena itu setiap anggota wajib masuk menjadi anggota WhatsApp.

 Catatan :

Segala sesuatu yang belum tertuang dalam AD & ART, padahal sangat bermamfaat bagi semua pihak, akan dipertimbangkan, dan ditetapkan kemudian.

Kebersamaan akan lebih bermakna setelah kita merasa kehilangan. Dan kehilangan akan lebih bermakna ketika kita saling merindukan.  

 

Related posts

One Thought to “Silaturahmi Warga Tanjungrejo se Jabodetabek”

  1. Sunarto

    Terima kasih telah menayangkan kegiatan temu sedulur Tanjung luar biasa hebat

Leave a Comment